Selasa, 19 Januari 2010

Dari tidak tahu menjadi tahu dan dari hanya tahu menjadi lebih tahu.

Betapa pentingnya bagi masyarakat untuk dapat mengikuti dan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi di zaman nya. Ilmu tentang teknologi informasi bisa di dapat dimana saja, misalnya seperti pembelajaran di sekolah atau di tempat kuliah. Seperti saya yang telah mengikuti perkuliahan Teknologi Informasi di semester pertama. Memang saya sempat berfikir untuk apa mata kuliah Teknologi Informasi ini karena saya merasa jurusan yang saya ambil tidak sejalur dengan pembelajaran Teknologi Informasi yang biasanya harus dikuasai oleh jurusan jurusan yang semesti nya. Namun setelah saya mengikuti dan memahami perkuliahan ini, banyak hal yang bisa saya dapat. Misal nya seperti tugas yang diberikan kepada semua mahasiswa seangkatan saya, yaitu membuat blog. Awalnya saya kurang paham, apa itu fungsi blog dan untuk apa saya membuat blog.
Sebelumnya saya memang salah satu pengguna perkembangan teknologi seperti jaringan internet , yaitu sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia . Biasanya saya menggunakan teknologi tersebut untuk mencari tugas yang di berikan oleh guru semasa sekolah menengah dulu. Selain itu, saya juga menggunakan nya untuk mengikuti perkembangan di masa itu, bisa di bilang hanya “ikut-ikutan” saja, seperti chatting dan menggunakan situs jejaring sosial “friendster”. Saya pernah diperkenalkan dengan kata “website” oleh guru sekolah menengah pertama saya yang ahli di bidangnya. Saya dan teman-teman diberi tugas kelompok untuk membuat “website”. Karena saya kurang paham akan manfaat nya dan saya merasa itu bukan jiwa saya, maka saya hanya sekedar “numpang nama” dalam tugas yang dikerjakan tersebut.
Karena itu sewaktu saya mengerjakan tugas Tekonologi Informasi yang diberikan Dosen ahlinya, yaitu membuat blog, saya benar-benar tidak tahu sama sekali bagaimana saya harus membuat nya. Yang saya tau hanya apa yang diberikan oleh Dosen TI, yaitu bagian luar dari cara membuat blog. Begitu “morat marit “ saya mencari bantuan teman-teman yang sudah mempunyai blog sebelumnya, dan mereka hanya berkata “gampang kok, tinggal copy-copy ajah”. Saya bingung dengan apa yang mereka katakan, karena sama hal nya dengan apa yang Dosen TI saya berikan. Terus saya meminta bantuan kepada teman-teman, sampai teman saya ada yang sedikit memberi pencerahan, dia berkata “cari ajah di google,pasti ada ko cara-cara nya!”. Dang!! , se-“gaptek” apakah saya sampai-sampai hal tersebut tidak terfikirkan oleh saya. Satu yang telah saya lewatkan dari perkembangan teknologi, bahwa kemajuan teknologi yang begitu pesat seakan membuat informasi menjadi tak terbatas dan takkan ada habisnya. Seperti layaknya udara, kita bisa menghirupnya kapan saja, dimana saja dan takkan habis, dimana teknologi berkembang dengan gencarnya di luar bayangan kita sebelumnya. Hingga akhirnya saya dapat mengerjakan tugas tersebut dengan kepuasan hati karena saya pun telah mendapat ilmu baru yang cukup banyak dari teknologi informasi, internet, diantaranya saya pun bisa paham akan manfaat blog itu sendiri.
Dari satu lagi tugas saya, yaitu aktif menggunakan jejaring sosial di zaman sekarang, “facebook”. Ketika ramai pembicaraan tentang facebook, saya berfikir bahwa itu hanya akan membuat saya boros. Kerugian yang saya dapat akan banyak, seperti menghabiskan waktu dengan percuma, dan menguras isi dompet saya layak nya seperti waktu saya terjun ke jejaring sosial “friendster” dulu. Namun setelah saya jalani ternyata tak seburuk itu, dan saya berfikir dulu saya mengalami kerugian tersebut karena saya hanya sekedar tahu dan tidak tahu lebih akan manfaat dan ilmu yang dapat diperoleh dari jejaring tersebut. Dan satu lagi yang telah saya lewatkan, bahwa TI tidak hanya mempermudah manusia dalam bekerja, berkomunikasi, dan menikmati hiburan, tetapi juga menawarkan cara-cara baru di dalam melakukan aktivitas-aktivitas tersebut. Dan TI juga membuka peluang bagi kita untuk menemukan cara-cara baru yang lebih efektif dan efisien, yang sekarang mungkin belum terpikirkan. Hal ini membuat kita harus membuka pikiran untuk menemukan cara-cara baru tersebut, pikiran tidak boleh terbatasi oleh apa yang sudah ada, tetapi harus mampu berinovasi. Seperti yang saya lihat di dalam jejaring sosial yang telah mem-booming sekarang ini, ternyata juga dapat dijadikan tempat untuk berbisnis, tempat menghasilkan uang di dunia maya, seperti berdagang atau meng-uangkan hasil karya kita.
Dan ternyata banyak ilmu yang ditawarkan melalui teknologi informasi khususnya internet. Dengan teknologi internet juga kita bisa menyebarkan informasi melalui surat elektronik keribuan orang ditempat yang jauh hanya dengan waktu yang cukup singkat. Saya pun dapat memanfaat kan fasilitas tersebut dalam aktifitas kehidupan sehari-hari, salah satunya dalam membantu perkuliahan saya.
Begitu banyak ilmu yang saya dapat dari perkuliahan Teknologi Informasi yang saya pelajari selama satu semester ini. Dan hanya beberapa yang dapat saya kemukakan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

sedikit dari banyak Copyright © 2009 Girlymagz is Designed by Bie Girl Vector by Ipietoon