Senin, 14 Desember 2009

Flip MinoHD Cisco Systems



Teknologi HD yang mengutamakan gambar berkualitas tinggi, kini mulai dibenamkan di handheld berukuran paling kompak.

Dalam waktu dekat, toko-toko elektronik akan mulai memajang berbagai handset dan kamera high definition. Beberapa di antaranya termasuk Flip MinoHD keluaran Cisco Systems, serta LifeCam Cinema dari Microsoft. Meski hadir dalam bentuk yang kompak, kedua gadget itu mampu merekam video berkualitas tinggi.

Flip MinoHD punya bentuk unik. Layarnya kecil, ukurannya juga mungil. Untuk menangkap video, pengguna cukup menggenggamnya dengan satu tangan. Hasilnya bisa diputar di layar berukuran 2 incinya. Karena mungil, handset ini mudah dikantongi.

Kepraktisan ini yang tidak dimiliki kamera video yang beredar saat ini. Flip Mino mampu merekam video selama dua jam dengan resolusi 1280 x 720 piksel. Baterai lithium-ion menyediakan tenaga rekam hingga dua jam penuh. Untuk mengisinya, tinggal colok di USB komputer. Colokan HDMI (high-definition multimedia interface) memungkinkan video dari kamera bisa langsung diputar di televisi. Bayangkan, betapa praktis dan menyenangkannya alat ini saat digunakan. Handheld seharga USD229.99, ini jadi bagian dari tren untuk meng-upload momen yang diabadikan lewat video secara instan ke situs video sharing seperti YouTube.

Tentu saja, para pakar tetap menyarankan video kamera konvensional untuk mensyut gambar yang lebih stabil dan beresolusi lebih tinggi. Maklum, karena ukurannya yang kecil pula, Flip Mino jadi mudah goyang.

Selain Flip Mino, belum lama ini Microsoft juga meluncurkan webcam widescreen LifeCam Cinema. Webcam ini istimewa karena dibekali sensor HD. Selain dapat digunakan untuk video conferencing, pengguna juga bisa langsung merekam video berkualitas dan mengunggahnya di YouTube. Beberapa pihak menyebut bahwa kualitas video yang dihasilkan setara dengan video kamera standar, juga cukup tajam saat merekam gambar di pencahayaan rendah.

Dengan fitur wide angle, berkonferensi video pun jadi lebih menyenangkan. Apalagi, mikrofonnya dapat menangkap suara dari jarak beberapa meter. Harga webcam dengan kerapatan gambar 1.3 MP ini USD79,95.

Sementara itu, pabrikan camcorder saat ini terus berupaya untuk memperbesar kapasitas simpan. Salah satunya Sony yang baru saja merilis Sony HDR-CX520 dan HDR-CX500.

CamcorderFull High Definition (HD) dengan kualitas rekam 1920 x 1080i Full HD ini memiliki memori internal 64 GB dan 32 GB,mampu menyimpan film HD selama hampir 27 jam. Pengguna juga dapat menambahkan Memory Stick PRO Duo HX hingga 32GB. Transfer data kecepatan tinggi dapat dilakukan cukup dengan adaptor USB Memory Stick. Beberapa teknologi baru yang dibenamkan, antara lain Advanced Optical SteadyShot (Active Mode) dengan 3-Way-Shake- Canceling untuk mengurangi goyangan kamera dan pengambilan gambar yang lebih halus. Teknologi stabilisasi baru ini menampilkan 10x lebih besar koreksi goyangan angle kamera dibandingkan dengan Optical SteadyShot konvensional. Goyangan halus yang disebabkan pergerakan pergelangan tangan bakal terkoreksi.

“Camcorder itu memberikan fleksibilitas lebih banyak kepada konsumen dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, menjawab kebutuhan konsumen untuk merekam video lebih lama,” ujar Kazuo Sawachi, General Marketing Division Head PT Sony Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar

 

sedikit dari banyak Copyright © 2009 Girlymagz is Designed by Bie Girl Vector by Ipietoon